Robot Cheetah Diciptakan untuk Berlari

Diposting oleh Unknown on Jumat, 04 Maret 2011


BOSTON DYNAMICS Robot bernama ATLAS yang dikembangkan Boston Dynamics dan didanai DARPA ini dirancang untuk berlari secepat cheetah.
Lembaga riset pertahanan di Amerika Serikat, Defense Advanced Research Projects Agency tengah memiliki proyek ambisius. Mereka menciptakan robot pelari yang diberi nama ATLAS. Robot berkaki empat berbentuk cheetah itu memang dirancang menjadi pelari cepat.

Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) menggandeng Boston Dynamics untuk mengembangkan robot pelari tercepat di dunia itu. Robot ini diharapkan bisa memanjat, melewati ruang-ruang sempit, dan bisa bermanuver dengan lincah. ATLAS diharapkan dapat menembus kecepatan 20-30 mil per jam (32-48 km per jam, jika 1 mil setara 1,6 km). Walau demikian, ia belum mampu meniru kecepatan asli cheetah.
Boston Dynamics selama ini telah berpengalaman mengembangkan robot pintar. Sebelumnya, perusahaan tersebut telah menciptakan robot PETMAN yang berbentuk seperti manusia tanpa kepala dan BIGDOG robot.
Menurut Marc Raibert, Presiden dari Boston Dynamic, pihaknya sampai sekarang masih berusaha menyamai kecepatan cheetah yang mencapai 96-112 km per jam. "Tak ada alasan untuk tidak menyamai kecepatan asli, tetapi butuh waktu untuk mencapai angka itu," kata Marc Raibert, Presiden Boston Dynamics, kepada Boston Herald.
DARPA membiayai program ini dengan tujuan menciptakan robot yang cepat dan mampu bergerak lincah. Prototipe ATLAS akan keluar sekitar 20 bulan lagi. ATLAS mungkin suatu saat dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan di medan perang.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar