Elang Slovenia Lahirkan "Supercar" Dahsyat

Diposting oleh Unknown on Rabu, 09 Maret 2011





CARSCOOP
Seru juga kalau supercar dikompetisikan antarnegara. Siapa tahu ada yang bisa mengalahkan nama-nama besar seperti Bugatti, Koenigsegg, atau Pagani yang sudah diakui dan dihormati. Kompas.com pun pernah menampilkan sedan-sedan bertenaga dahsyat dari mancanegara.
Sebut saja Hulme CamAm dari Selandia Baru, Marussia dari Rusia, Veno dari Polandia, Amontz dari Brasil, dan Spirra dari Korea Selatan. Nah, sekarang muncul supercar kebanggaan Slovenia, Slovenian Equilibrium, yang dibikin Shayton, perusahaan baru yang artinya "Elang" (Falcon).
Mau tahu berapa harganya? Rp 12,2 miliar (1.390.000 dollar AS). Apa keistimewaan sedan dua pintu hasil perancang lokal Andrej Stanta ini?
Mobil kupe sport ini dibekali mesin V12 (tidak disebutkan kapasitasnya) bertenaga 1.084 HP dengan torsi 930 Nm pada 5.000 rpm. Kecepatan maksimum 400 km per jam dengan akselerasi 2,9 detik untuk melesat dari 0-100 km per jam dan 8,5 detik ketika jarum speedmeter menunjuk angka 200 km per jam.
Bobotnya 1.200 kg dengan power-to-weight ratio 1.42 kg/HP. Bobotnya bisa seringan itu lantaran penggunaan bahan aluminium, serat karbon, dan titanium untuk bodi, sasis, dan komponen-komponen tertentu.
Shayton berencana memproduksi 20 unit setahun. Namun, yang paling dibutuhkan mereka sekarang ini adalah dana untuk membuat prototipenya karena Equilibrium yang Anda lihat sekarang ini adalah gambar di atas kertas.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar