Rambutmu Tergantung Makananmu

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 05 Maret 2011


Diet seimbang meliputi protein, zat besi, vitamin, mineral, membantu pertumbuhan rambut.

Rambut bergelombang (dok. Corbis)
Tanpa disadari, makanan yang Anda asup tiap hari mempengaruhi kesehatan tubuh termasuk rambut. Kerontokan, kerusakan rambut, dan gangguan di kulit kepala serta rambut adalah cerminan dari diet tak seimbang.

Seperti dikutip dari WebMD, rambut bertumbuh antara 2-3 sentimeter (cm) tiap bulan. Diet seimbang meliputi protein, zat besi, vitamin, dan mineral membantu pertumbuhan rambut sehat. Selain itu, agar rambut tumbuh lebat, tubuh memerlukan asupan asam lemak omega-3, vitamin A, B, C, E, zat besi, dan seng.


Kekurangan asam lemak omega-3, membuat kulit kepala kering dan rambut sulit diatur. Vitamin A dan C membantu tubuh menghasilkan sebum, minyak yang disekresikan oleh folikel rambut yang berfungsi sebagai kondisioner alami.

Makanan kaya vitamin B menjaga sel-sel darah merah, yang membawa oksigen ke kulit kepala, merawat folikel, dan menumbuhkan rambut. Vitamin E meningkatkan aliran oksigen dan sirkulasi kulit kepala.
Sementara itu, seng merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan.

Ada beberapa makanan yang mampu memperbaiki kondisi rambut yang tak sehat. Menu ikan seperti salmon dan tuna, ganggang, dan kerang mengandung asam lemak omega-3 tinggi. Berbagai kacang-kacangan, rami mengandung omega-3 yang penting bagi pertumbuhan rambut.

Selanjutnya, vitamin A diperoleh dari produk hewani, seperti ayam dan hati sapi, susu, telur, dan keju. Sementara itu, vitamin A dari tumbuhan mengandung beta-karoten, alpha-karoten, dan beta-cryptoxanthin antara lain wortel, bayam, kangkung, aprikot, mangga, pepaya, tomat, persik, paprika manis, kacang polong, dan oatmeal.
Sumber vitamin B terdapat dalam kacang polong, wortel, kembang kol, kedelai, gizi, dedak ragi, kacang-kacangan, dan telur.

Beras merah, kacang hijau, lentil, dan gandum mengandung biotin atau vitamin B7 kompleks. Jeruk, lemon, brokoli, tomat, paprika, dan kentang kaya akan vitamin C. Selain itu, makanan kaya vitamin E termasuk minyak gandum, kedelai, kiwi, bayam, tomat, dan almond.

Zat besi berasal dari daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam. Sedangkan seng dapat ditemukan dari buah-buahan kering seperti plum dan kismis, sereal dan gandum, kerang, kalkun, dan hati ayam.

Jadi, tak perlu buru-buru menggunakan berbagai perawatan rambut, bahkan cangkok rambut bila mengalami gangguan pada rambut dan kulit kepala. Cobalah perbaiki menu harian Anda. (art)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar