Rekor Temukan 19 Asteroid dalam Semalam

Diposting oleh Unknown on Jumat, 04 Maret 2011


Rob Ratkowski Observatorium PS1 di Haleakala, Maui.
Teleskop Pan-STARRS PS1 atau yang disingkat PS1 membuat rekor baru dalam perburuan asteroid. Teleskop yang berlokasi di Gunung Berapi Haleakala di Maui, Hawaii ini berhasil menemukan 19 asteroid dalam semalam. Rekor dicetak dari penemuan 29 Januari 2011 lalu.

"Temuan ini merupakan bukti bahwa PS1 adalah teleskop terbaik untuk studi macam ini," kata Pemimpin proyek PS1 Nick Kaiser dari University of Hawaii. Proyek PS1 didanai oleh NASA dan US Air Force Research Laboratory yang bertujuan mencari asteroid yang mengancam bumi.
PS1 yang dilengkapi kamera digital terbesar didesain untuk mengambil ratusan foto angkasa tiap malam. Citra dibandingkan untuk mengetahui gerakan asteroid. Ilmuwan menemukan asteroid dengan melacak pergerakannya relatif latar bintang yang statis.
Pada malam tanggal 29 Januari, sebenarnya PS1 menemukan 30 kandidat asteroid. Namun setelah citra dikirim ke Minor Planet Center dan dianalisa lagi oleh astronom menggunakan teleskop di Mauna Kea Observatories di Hawaii, hanya 19 asteroid saja yang terbukti keberadaannya.
Dua dari 19 asteroid yang ditemukan akan mendekati bumi dalam waktu relatif dekat. Keduanya tidak menimbulkan ancaman serius dalam jangka pendek. Namun, apa yang akan terjadi dalam abad mendatang misalnya, nelum bisa diprediksikan. Bila hantaman asteroid terjadi, dampaknya pada bumi akan luar biasa.
Pan-STARS PS1 adalah singkatan dari anoramic Survey Telescope and Rapid Response System. Teleskop ini meiliki cermin utara selebar 1,8 meter dan pencitraan digital beresolusi 1400 megapiksel. Teleskop ini didesain secara khusus untuk mencari asterid yang berpotensi mengancam bumi.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar